Pages

Senin, 14 Maret 2016

Becak Unik di Tulung Selapan,Sumatera Selatan

Jika kalian berkunjung ke desa Tulung Selapan, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, kalian akan terkejut melihat becak yang ada di sana. Becak yang digunakan warga yang terkenal dengan produksi terasi dan kemplang (krupuk), cukup unik. Mungkin, inilah satu-satunya becak yang terunik di Indonesia, kenapa saya bilang demikian ??.. karna pada umumnya becak di Indonesia pada umumnya berukuran kecil dengan maksimal 2 atau 3 penumpang saja, lain halnya dengan becak di desa Tulung Selapan. Becak ini tetap menggunakan tenaga manusia untuk mengayuhnya.

Becak Unik Desa Tulung Selapan, SUMSEL

Becak ini di desain sangat unik terutama di bagian kursi penumpangnya, kursi penumpang becak ini di desain melebehi kapasitas becak pada umumnya, yaitu di modifikasi menjadi 2 baris, atas dan bawah. Bagian atas bisa di isi penumpang 4 untung orang dewasa dan 5 sampai 6 untuk anak - anak, kursi bawah bisa di isi 3 untuk orang dewasa dan 4 sampai 5 untuk anak - anak.

Becak ini juga di lengkapi sound system layaknya mobil, kenapa becak ini di lengkapi sound system??.... karena untuk memikat hati anak - anak dan muda - mudi. Oh yah saya hampir lupa memberi tahu tarif Becaknya hhheee....
Tarifnya bervariasi, misalnya kalau dari pasar ke rumah kalian cukup membayar uang sebesar Rp. 2.000. Tapi becak ini tidak hanya melayani kalian untuk pulang ke rumah atau ke pasar saja, becak ini juga melayani anak - anak untuk keliling desa tulung selapan, seperti halnya dengan Kereta Mini di Jakarta. Biaya yang harus di keluarkan orang tua hanya Rp. 5.000 untuk keliling desa Tulung Selapan.

Harga becak ini sekitar 2,5 sampai 3 jt. Pembuatannya hanya ada di Desa Tulung Selapan.


oh yah, jarak desa Tulung Selapan berada sekitar 120 kilometer ke arah pesisir Timur Sumatera Selatan. Perjalanan ke desa ini membutuhkan waktu berkisar 2 sampai 3 jam dari kota Palembang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar